Boneka Kelinci dan Panggung Boneka


Boneka Kelinci Panggung Boneka

boneka kelinci Boneka jari Boneka ini dibuat dengan alat sederhana seperti tutup botol, bola pingpong, bambu kecil yang dapat dipakai sebagai kepala boneka. Sesuai dengan namanya boneka ini dima-inkan dengan menggunakan jari tangan. Kepala boneka diletakkan pada ujung jari kita/ dalam. Dapat juga dibuat dari semacam sarung tangan, dimana pada ujung jari sarung ta-ngan tersebut sudah berbentuk kepala boneka dan dengan demikian kita/ dalam tinggal memainkannya saja. Boneka Tangan Kalau boneka dari setiap ujung jari kita dapat memainkan satu tokoh, lain halnya dengan boneka tangan. Pada boneka tangan ini satu tangan kita hanya dapat memainkan satu boneka. Disebut boneka tangan, karena boneka ini hanya terdiri dari kepala dan dua tangan saja, sedangkan bagian badan dan kakinya hanya merupakan baju yang akan menutup lengan orang yang memainkannya disamping cara memainkannya juga hanya memakai tangan (tanpa menggunakan alat bantu yang lain). Cara memainkanya adalah jari telunjuk untuk memainkan atau menggerakkan kepala, ibu jari, dan jari tangan untuk menggerakkan tangan. Di Indonesia penggunaan boneka tangan sebagai media pendidikan/ pembelajaran di sekolah-sekolah sudah dilak-sanakan, bahkan dipakai diluar sekolah yaitu pada siaran TVRI dengan film seri boneka “Si Unyil” Varian lain dari boneka tangan adalah boneka muppet (kami sebut cablak) yang mulutnya bisa digerakkan dengan cara memasukkan empat jari kebagian atas mulut dan ibu jari ke bagian bawah mulut.

Here is a US $4.00 coupon: https://goo.gl/efW8Ef Boneka Tongkat Disebut boneka tongkat karena cara memainkannya dengan menggunakan tongkat. Tongkat-tongkat ini dihubungkan dengan tangan dan tubuh boneka. Wayang Golek di Jawa Barat misalnya adalah termasuk boneka jenis ini. Untuk keperluan penggunaan boneka tongkat sebagai media pendidikan/ pembelajaran di sekolah, maka tokoh-tokohnya dibuat sesuai dengan keadaan sekarang. Misalnya dibuat tokoh tentara, pedagang, lurah, nelayan dan sebagainya Boneka tongkat dapat dibuat darikayu yang lunak seperti kayu kemiri, randu, dan sebagainya. Boneka Tali Boneka tali atau “Marionet” banyak dipakai dinegara barat. Perbedaan yang menyolok antara boneka tali dengan boneka yang lain adalah, boneka tali bagian kepala, tangan, dan kaki dapat digerak-gerakkan menurut kehendak kita/dalangnya. Cara meng-gerakkannya dengan tali. Dengan demikian maka kedudukan tangan orang yang memain-kannya berada di atas boneka yang dimainkannya. Untuk memainkan boneka tali diperlukan latihan-latihan yang teratur, sebab memainkan boneka tali ini memerlukan keterampilan yang lebih sulit dibandingkan dengan memainkan boneka-boneka yang lainnya. Adakan tetapi memiliki kelebihan lebih hidup dari pada boneka yang lain, karena mendekati gerak manusia atau tokoh yang sebenarnya. Boneka Bayang-bayang Boneka bayang-bayang (Sadhow Puppet) adalah jenis boneka yang cara memainkannya dengan mempertontonkan gerak bayang-bayang dari boneka tersebut. Di Indonesia khususnya di Jawa dikenal dengan “Wayang kulit”. Namun untuk keperluan sekolah, wayang semacam ini dirasakan kurang efektif, karena untuk memainkan boneka ini diperlukan ruangan gelap/tertutup. lagi pula diperlukan lampu untuk membuat bayang-bayang layar.

Here is a US $4.00 coupon: https://goo.gl/efW8Ef Beberapa keuntungan penggunaan boneka untuk sandiwara adalah: 1) Tidak memerlukan waktu yang banyak, biaya dan persiapan yang terlalu rumit. 2) Tidak banyak memakan tempat, panggung sandiwara boneka dapat dibuat cukup kecil dan sederhana. 3) Tidak menuntut keterampilan yang rumit bagi yang akan memainkannya. 4) Dapat mengembangkan imajinasi anak, mempertinggi keaktifan dan menambah suasana gembira. Petunjuk Penggunaan Boneka sebagai Media Pembelajaran Agar boneka dapat menjadi media instruksional yang efektif, maka perlu kita per-hatikan beberapa hal yang antara lain adalah: (1) Rumusan tujuan pembelajaran dengan jelas. Dengan demikian akan dapat diketahui, Apakah tepat digunakan permainan sandiwara boneka atau sandiwara yang lain. (2) Buatlah naskah atau skenario sandiwara yang akan dimainkan secara terperinci. Baik dialognya, settingnya dan adegannya harus disusun secara cermat, sekalipun dalangnya dimungkinkan untuk berimprovisasi saat ia mendalang/memainkan boneka tersebut. (3) Permainan boneka mementingkan gerak dari pada kata. Karena itu pembicaraan jangan terlalu panjang, dapat menjemukan penonton. Untuk anak-anak usia kelas rendah sekolah dasar atau anak-anak TK, sebaiknya permainan boneka dirancang untuk banyak melibatkan dialog dengan anak pada saat permainan. (4) Permainan sandiwara boneka jangan terlalu lama, kira-kira 10 sampai 15 menit. Agar pesan khusus yang disampaikan kepada anak dalam permainan sandiwara boneka tersebut dapat ditangkap/dimengerti oleh anak-anak/penonton. (5) Hendaknya diselingi dengan nyanyian, kalau perlu penonton diajak nyanyi bersama. Bila perlu dilanjutkan dengan dialog atau diskusi dengan anak-anak/penonton untuk memantapkan pesan nilai yang diajarkan. (6) Isi cerita hendaknya sesuai dengan umur dan kemampuan serta daya imajinasi anak-anak yang menonton. (7) Selesai permainan sandiwara, hendaknya diadakan kegiatan lanjutan seperti tanya-jawab, diskusi atau menceritakan kembali tentang isi cerita yang disajikan. (8) Jika memungkinkan, berilah kesempatan kepada anak-anak untuk memainkannya.

Here is a US $4.00 coupon: https://goo.gl/efW8Ef CARA MENCUCI BONEKA YANG KOTOR DENGAN BENAR DAN TEPAT

Mencuci Boneka Kotor

Diatas sudah dibahas cara mebersihkan boneka yang tidak terlalu kotor, lantas bagaimana jika boneka kesayangan Anda dalam kondisi kotor atau bahkan sangat kotor? Tenang, karena saat ini kami akan mengulasnya. Ya, seperti yang sudah dibahas diatas, sebelum mulai menyiram air dan membersihkan boneka Anda, baca dulu label pada boneka karena disini Anda memiliki 2 opsi untuk membersihkan boneka, yaitu mencuci secara manual dengan tangan atau mencuci boneka menggunakan mesin cuci.
Baik mencuci menggunakan tangan maupun mencuci dengan mesin, sebaiknya masukan boneka kesayangan Anda ke dalam sebuah kantong kain putih, bisa juga menggunakan sarung bantal. Kantong untuk melindungi bulu-bulu boneka agar tidak mudah rontok saat dikucek dengan tangan atau mesin cuci. Jangan lupa untuk mengikat kantong rapat-rapat.
Jika Anda mencuci boneka menggunakan mesin, langsung saja masukan kantong ke dalam mesin cuci, lalu putar mesin cuci pada kecepatan rendah. Masukkan deterjen secukupnya dan tunggu hingga proses pencucian selesai. Sebaiknya hindari menggunakan softener karena dapat membuat warna bulu boneka menjadi mudah luntur.
Jika Anda mencuci boneka menggunakan tangan, langkah yang perlu Anda lakukan ialah masukan kantong ke dalam ember cucian. Isi dengan air dan masukan deterjen secukupnya. Kucek-kucek boneka yang ada didalam kantong agar debu dan kotoran menjadi bersih.
Setelah proses mencuci selesai, Anda dapat membilasnya dengan air hingga bersih. Nah setelah dibilas, peras boneka dengan cara ditekan-tekan menggunakan tangan Anda atau dapat pula dengan cara diinjak-injak agar air yang diserap boneka dapat dikeluarkan sebelum boneka dikeringkan.
Cara mencuci boneka yang benar, Anda boleh mengeringkan boneka ditempat terbuka dengan cara diangin-anginkan atau dijemur ditempat yang teduh. Jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung karena dapat membuat warna boneka menjadi pudar. Jika Anda hendak mengeringkan boneka menggunakan mesin pengering, pastikan Anda mengatur mesin dengan menggunakan suhu yang tidak terlalu panas.
Ketika boneka sudah kering, kini saatnya masuk ke cara merawat boneka kesayangan. Jika boneka Anda memiliki bulu yang panjang, berbulu lebat atau berbulu tebal, Anda dapat menyisir bulu-bulu boneka Anda menggunakan sisir tidak begitu rapat dan berujung tumpul, agar bulu boneka tidak rontok dan rusak. Cara ini mirip saat kita merawat rambut palsu. Coba baca cara mencuci rambut palsu dengan benar.
Pastikan bahwa boneka kesayangan Anda kini sudah benar-benar kering, sebelum menyimpan kembali pada lemari Anda. Hal ini untuk mencegah boneka didalam lemari menjadi lembab yang dapat menimbulkan jamur. Jika lemari penyimpanan Anda lembab, coba baca dulu cara menghilangkan jamur pada pakaian. Cara yang sama Anda dapat lakukan untuk membersihkan boneka Anda dari jamur di lemari yang lembab.
Kini boneka Anda yang tadinya dalam kondisi kotor telah bersih kembali. Anda dapat bermain-main kembali dengan boneka kesayangan Anda atau dapat pula kembali menyimpannya ke dalam lemari koleksi boneka Anda. Nah, namun bagaimana jika bulu boneka kesayangan Anda sangat rentan rontok? Apakah boleh memakai cara mencuci boneka seperti diatas? Sebaiknya ya jangan. Coba simak dulu ulasan cara mencuci boneka yang bulunya mudah rontok berikut ini.
CARA MENCUCI BONEKA YANG BULUNYA MUDAH RONTOK DENGAN BENAR

Cara membersihkan boneka yang bulunya mudah rontok yang pertama ialah menggunakan kain basah. Untuk boneka kesayangan yang bulunya mudah rontok, sebaiknya hindari untuk mencucinya secara langsung. Cara membersihkan boneka yang dapat Anda tempuh ialah dengan menyeka seluruh bagian boneka menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat. Setelah semua bagian boneka diseka, lakukan steaming menggunakan handstemer hingga bulu-bulu boneka kering. Pastikan boneka telah kering total sebelum disimpan kembali. Anda dapat pula menambahkan pengharum agar boneka lebih segar.

Cara membersihkan boneka yang bulunya mudah rontok yang kedua ialah dengan cara mencuci boneka menggunakan baking soda. Namun cara ini agak sedikit beresiko bagi boneka kesayangan Anda. Seperti apa cara membersihkan boneka dengan baking soda dan seperti apa resikonya? Yuk kita lihat.

Siapkah sebuah kantong atau dapat juga menggunakan kantong plastik. Masukan baking soda secukupnya ke dalam kantong tersebut. Lalu masukan pula boneka kesayangan Anda yang hendak dibersihkan dan ikat kantong plastik tersebut rapat-rapat.
Setelah itu kocok-kocok kantong tersebut agar baking soda mmengenai semua bagian boneka. Jika sekiranya baking soda sudah merata pada seluruh tubuh boneka, diamkan dahulu selama kurang lebih 15 menit.
Nah, sekarang saatnya mengeluarkan boneka dari dalam kantong plastik. Bersihkan tepung baking soda yang menempel pada boneka dengan cara menepuk-nepuknya. Agar tepung baking soda benar-benar hilang, Anda dapat mengelap bulu-bulu boneka menggunakan lap berbahan lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat agar bubut baking soda benar-benar bersih dari boneka.
Setelah semua baking soda bersih dari bulu boneka, kini saatnya Anda membersihkan bagian dalam boneka menggunakan steamer. Hati-hati, bubuk baking soda yang tertinggal akan menggumpal dan berbusa ketika terkena steam, dan akhirnya dapat menimbulkan noda berupa bercak-bercak putih pada boneka. Jadi, sebelum melakukan steam, pastikan boneka sudah benar-benar bersih dari tepung baking soda.
Jika semua sudah beres, kini saatnya Anda melengkapi penampilan cantik boneka kesayangan Anda dengan menyemprotkan pengharum Demikianlah ulasan lengkap kami mengenai cara membersihkan boneka. Semua sudah kami bahas, mulai dari tips sebelum melakukan cara mencuci boneka, lalu cara mencuci boneka yang tidak terlalu kotor, cara mencuci boneka yang sangat kotor, hingga cara membersihkan boneka yang bulunya mudah rontok. Jangan malas untuk merawat boneka Anda karena dengan cara mencuci dan merawat yang tepat, boneka Anda pasti akan menjadi lebih awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Demikianlah ulasan lengkap kami mengenai cara membersihkan boneka. Semua sudah kami bahas, mulai dari tips sebelum melakukan cara mencuci boneka, lalu cara mencuci boneka yang tidak terlalu kotor, cara mencuci boneka yang sangat kotor, hingga cara membersihkan boneka yang bulunya mudah rontok. Jangan malas untuk merawat boneka Anda karena dengan cara mencuci dan merawat yang tepat, boneka Anda pasti akan menjadi lebih awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Tips Merawat dan Membersihkan Boneka. Boneka adalah salah satu barang yang lucu, menggemaskan, dan disukai banyak orang, umumnya sih kaum Hawa. Biasanya penggemar boneka mengkoleksi boneka bari ukuran kecil hingga jumbo. Dari penggemar ini bisa di bagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe yang pertama adalah penggemar boneka yang fanatik dengan karakter tertentu, sehingga ia mengoleksi boneka karakter kesayangannya dari berbagai ukuran dan pernak-perniknya. Contohnya, penggemar karakter Hellokitty, dia akan mengoleksi beragam ukuran boneka hellokitty berbagai ukuran dan pernak-perniknya.

Untuk tipe yang kedua adalah tipe penggemar boneka yang tidak fanatik terhadap suatu karakter saja. Jadi ia mengoleksi boneka beragam karakter, bermacam-macam ukuran, dan pernak-pernik yang berhubungan dengan boneka. Contohnya seorang penggemar boneka yang mengoleksi banyak karakter, misalnya boneka doraemon, hellokitty, keropi, bear,dll beserta pernak-perniknya. Asalkan yang berbau boneka, akan di koleksinya.

Para penggemar boneka pasti pernah berurusan dengan boneka koleksinya yang berdebu atau bahkan kotor. Ketika habis makan coklat, lupa mengelap tangan dengan tisu, tetapi langsung memeluk boneka. Aduh kasian si boneka jadi kotor ya.

Yang berikut adalah tips bagaimana merawat dan membersihkan boneka. Dalam artikel ini saya sempitkan saja ya untuk jenis bonekanya, saya sesuaikan dengan koleksi boneka saya saja, yaitu boneka yang terbuat dari bahan velboa, rasfur, dan dalamnya berisi dakron silikon.

Kenapa demikian?
Karena saya suka dengan boneka dengan jenis seperti itu. Nyaman ketika dipeluk, bisa buat bantal, guling, empuk dan menggemaskan. Bukan saya saja, banyak yang menyukai boneka jenis ini.

Panggung Boneka



Beberapa jenis boneka mainan dan boneka mainan lucu lainnya antara lain panggung boneka

Advertisements

Posted on February 24,, in Boneka Barbie, Boneka Kain Lucu, Boneka Tangan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s