Advertisements

Boneka Doraemon dan Membuat Boneka


Boneka Doraemon Membuat Boneka

boneka doraemon Terdapat dua cara untuk mencuci boneka, yaitu dengan mesin cuci dan dengan tangan. Mencuci dengan mesin cuci merupakan pilihan praktis. Namun perlu diketahui bahwa jenis-jenis boneka tertentu tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, seperti boneka berbahan wol, boneka berisi butiran-butiran gabus styrofoam, boneka berkancing, atau boneka tua yang sudah rapuh. Boneka jenis-jenis ini sebaiknya dicuci dengan tangan. Mencuci boneka dengan tangan juga dianjurkan jika Anda hanya perlu membersihkan bagian tertentu boneka yang kotor.

Artikel ini khusus membahas boneka empuk seperti boneka beruang, bukan boneka keras semisal boneka cantik berambut. Baca label perawatan untuk membersihkan boneka keras.
Cara mencuci boneka dengan mesin cuci

Jika label perawatan boneka memperbolehkan Anda mencucinya dengan mesin cuci, berikut adalah cara cuci boneka yang dianjurkan:

Lepas pakaian dan aksesori pada boneka agar tidak membelit ketika dicuci.
Jahit lubang dan perbaiki serat yang terlepas pada boneka.
Masukkan boneka dan aksesorinya ke dalam kantong cuci atau sarung bantal.
Gunakan deterjen cair berkualitas, sepeti Rinso Matic, dan pilih siklus cuci delicate (berlogo baju bayi) atau handwash (berlogo tangan) dengan air dingin. Hindari air panas agar bahan boneka tetap awet. Ingat untuk mencuci boneka dengan cucian lain berwarna senada untuk menghindari noda luntur.
Gunakan handuk kering untuk menyerap kelebihan air pada boneka seusai dicuci. Bungkuskan handuk pada boneka, lalu tekan-tekan untuk mengeluarkan airnya. Hindari memelintir boneka untuk memerasnya.
Keringkan boneka di udara terbuka. Atur bulu-bulu boneka selagi masih basah. Baringkan pada permukaan datar di bawah sinar matahari dan sebisa mungkin kembalikan ke bentuk semula. Boneka sebaiknya tidak digantung di tali jemuran. Setelah kering, sikat bulu boneka dengan sikat lembut.
Membantu anak-anak menggunakan imajinasi mereka dengan membuat mereka merasakan bagaimana cara membuat boneka jari untuk bermain. Boneka tersebut dapat dibuat menjadi berbagai macam hewan atau karakter yang lucu-lucu, dan anak-anak akan senang untuk membuatnya juga. Dalam pembuatan boneka jari ini juga menjadi cara yang baik untuk menghabiskan waktu luang Anda yang mungkin jarang Anda dapatkan.

Siapkan bahan dan alaat seperti kain flanel, jarum, benang, dan hiasan. Setelah membentuk pola potong dengan gunting, Pastikan bentuk semi-oval yang cocok di jari anak.
Jahitkan dua potong bersama-sama kira-kira mendekati pinggir kain yang membentuk setengah lingkaran. Jangan menjahit bagian bawah potongan, karena ini untuk memasukkan jari ke dalam boneka.
Balik boneka yang dijahit. Sehingga Anda akan mendapatkan sisi bagian dalam dan benang jahitannya tidak terlihat.
Tambahkan hiasan untuk boneka Anda dengan menambahkan mata, hidung, mulut, telinga dan hiasan lainnya. Gunakan helai benang untuk rambut. Tambahkan bagian ini menggunakan lem atau senapan panas-lem agar lebih mudah, lem biasa tidak akan bekerja dengan baik untuk merekatkan hiasan.
Boneka marionette pada umumnya adala boneka berukuran besar dan mahal yang terbuat dari kayu, kain, atau bahan lainnya. Membuat marionette tradisional dengan tangan adalah keahlian yang memerlukan bertahun-tahun untuk dikuasai dengan sempurna. Tetapi, membuat boneka marionette dari potongan atau guntingan kertas adalah hal yang mudah. Anda sendiri bahkan bisa membuatnya dari tanah liat, dan tampilannya akan mirip dengan boneka marionette biasa yang lebih rumit. Membungkus boneka tidak semudah membungkus buku atau hadiah lainnnya. Terutama jika hadiah boneka yang harus di bungkus tersebut memiliki ukuran yang besar. Terkandang banyak diantara kita justru memberikan boneka secara langsung tanpa membungkusnya jika boneka tersebut berukuran besar. Jika boneka berukuran sedang, biasaya kita akan memasukkannya ke dalam kardus atau kotak yang cukup besar dan kemudian membungkusnya dengan kertas kado yang sudah umum digunakan. Nah, babagaimana jika boneka sudah tidak bisa lagi dimasukkan ke dalam kotak untuk di bungkus? Berikut ini tips membukus boneka yang berukuran besar.

Bungkus dengan plastik kado

Ada banyak jenis plastik kado yang ada dipasaran, desain dan ukurannyapun bermacam-macam. Kita dapat memilih desain dan ukuran plastik kado sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi, selain dapat digunakan untuk membungkus kado boneka dengan ukuran yang besar, plastik kado juga dapat digunakan untuk mebungkus boneka berukuran kecil dan sedang. Adapaun langkah-langkahnya adalah:

Siapkan plastik pembungkus boneka dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran boneka yang akan di bungkus.
Masukkan boneka ke dalam plastik kado. Letakkan boneka dalam posisi duduk .
Satukan ujung atas plastik kado (di bagian atas boneka) kemudian ikat dengan selotip atau isolasi bening sehingga plastik tidak bergeser. Lakukan seperti mengikat ujung karung.
Untuk memperidah, tambahkan pita pada ikatan plastik kado dan kartu ucapan

Membuat Boneka



Beberapa jenis boneka mainan dan boneka mainan lucu lainnya antara lain membuat boneka

Advertisements

Posted on February 24,, in Boneka Barbie, Boneka Kain Lucu, Boneka Tangan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s